Biografi Ulama, Syekh Ibrahim Musa : Inspirator Kebangkitan (19)

Syekh Khatib Muzakkir

Murid Inyiak Parabek, Pimpinan Sumatera Thawalib Parabek

Membangkitkan Semangat Berilmu

Saya sangat terkesan dengan kewibawaan, Izzah, Inyiak Parabel. Saya tidak pernah menemui seseorang menyanggah, membicarakan atau menyalahkan Inyiak Parabek, walaupun tidak di depannya. Orang-orang segan, bahkan orang yang tidak faham agama sekalipun, misalnya preman di kampung, kalau sama Inyiak segan. Ini karena keilmuan dan semangat belajar beliau. Inyiak sangat teliti dengan apa yang disampaikan. Fokus. Semua yang akan disampaikan diteliti satu persatu, karena kehati-hatiannya. Karena orang-orang  yang berilmu, tidak akan disia-siakan oleh Allah, begitu selalu yang dipesankan. “ Ini tugas kita !” selalu diulang-ulang untuk menggambarkan bahwa mengajarkan Al-Qur’an, mendidik ummat adalah tugas kita, bukan yang lain. Semangat belajarnya yang harus ditiru. Inyiak parabek  kalau sudah mengantuk membaca buku, akan berusaha berdiri, kemudian jalan-jalan dan kembali membaca. Berbantal pun dengan yang keras, agar tidak banyak tidur. Inyiak sangat suka membaca buku. Buku yang dibaca, kalau tidak sesuai akan diberi catatan, bukan disalahkan. La alla showab, semoga ini yang betul. Ini prinsip untuk bersikap kritis tapi tidak gampang menyalahkan.

Madrasah Sumatera Thawalib Parabek
Madrasah Sumatera Thawalib Parabek

Semangat ilmu untuk ilmu dari Inyiak Parabek yang harus terus dibangkitkan saat ini. Sekarang ini belajarnya untuk jadi apa atau untuk nilai, sehingga sehingga contek-contekan menjadi wabah.  Minat hendak memiliki ilmu, bukan hendak mendapatkan nilai. Ini yang mulai hilang. Guru-guru ditumbuhkan semangat berilmunya. Harus mau terus belajar. Inyiak selalu menekankan pada guru-guru agar ingin berilmu. Harus ada tradisi ingin berilmu, tiada hari tanpa membaca. Kalau ilmu sudah dimiliki segala sesuatu akan diraih. Tapi harus tetap rendah hati. Tiap-tiap alim ada yang lebih alim, di atas langit ada langit.

Madrasah ini ingin mencetak ulama. Ulama yang berilmu dan kreatif, tempat bertanya masyarakat, itulah sosok Inyiak Parabek.  Kita ingin membangkitkan Parabek yang dulu pernah menjadi pusat referensi masyarakat tentang masalah keagamaan. Identitas parabek dalam tafakuh fi din, mengerti seluk beluk agama, hingga detail, ingin terus dibangkitkan. Ini cita-cita. Yang paling penting dari kebangkitan itu adalah isinya. Bukan sekedar fisik.

Ingin ditulis kisah hidupnya menjadi buku Biografi yang menarik dan inspiratif ?. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

0822-2123-5378

Kata terkait:

jasa penulis buku biografi, buku biografi, penulis biograf, biografi tokoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: