Biografi Ulama, Syekh Ibrahim Musa : Inspirator Kebangkitan (20)

By | 03/05/2019

Buya H.Muhammad Dalil

Murid Inyiak Parabek

Guru Lapang Dada

Inyiak Parabek adalah guru yang penuh perhatian. Kami diiberi kesempatan untuk berlatih. Biasanya ketika membaca kitab, yang dibaca matannya Salah matan salah makna. Betul atau salah, yang menilai murid-murid juga sendiri. Kalau salah, apa salahnya. Kalau ada lafadz yang tidak bisa diselesaikan baru Inyiak yang menjelaskan. Kami murid-muridnya di suruh mencoba terlebih dahulu.Lapang Dada

Saya terkesan ketika pengumuman lulus ujian. Kami semua dipanggil satu persatu ke ruang perpustakaan, bukan di lingkungan sekolah, tapi dekat rumah beliau. Diberi nasihat-nasihat. Yang paling ditekankan adalah perkara fatwa, kata beliau : “Hati-hati dalam berfatwa. Sabda Nabi letakkan di pelupuk mata, siapa yang paling berani berfatwa, paling berani masuk neraka. Kalau mau berfatwa harus banyak membaca kitab.”

Inyiak Parabek sifatnya  sangat lapang dada, tidak mudah marah. Semua pertanyaan dijawab dengan senang hati.  Luas sekali ilmu pengetahuannya. Sekali satu minggu, diadakan pertemuan ilmiah murid-murid kelas 6 atau kelas 7, ada debating club, dicari suatu masalah, apa hukumnya, diperdebatkan. Seru.  Misalnya seorang bersentuhan dengan perempuan bukan muhrim, apakah wudhunya batal atau tidak. Setelah selesai perdebatan diserahkan pada Inyiak, beliau yang memberi keterangan seluas-luasnya, sehingga semua menjadi faham.

Beliau sangat cinta dengan pendidikan. “Tugas kalian menuntut ilmu. Tuntutlah ilmu sampai benar-benar mengerti apa yang dipelajari,” itu selalu yang ditekankan beliau. “Rajin lah belajar, fahami suatu ilmu hingga sempurna.”  Sekarang Sumatera Thawalib Parabek sudah bertambah maju. Harapannya tentu bertambah maju lagi.

Ingin ditulis kisah hidupnya menjadi buku Biografi yang menarik dan inspiratif ?. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

0822-2123-5378

Kata terkait:

jasa penulis buku biografi, buku biografi, penulis biograf, biografi tokoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.