Biografi Ulama, Syekh Ibrahim Musa : Inspirator Kebangkitan (21)

Syekh H. Abdul Gafar

Murid Iyiak Parabek, Syekh Madrasah

Jangan Tinggalkan Identitas Parabek

Inyiak Parabek adalah ulama yang lemah lembut, tidak suka marah, tidak suka tertawa terbahak-bahak, suka menegur sapa orang yang sedang duduk. Tidak keras dalam mengubah sesuatu. Ibarat menggosok periuk dari tembikar, kalau digosok keras-keras pecah, harus pelan-pelan. Periuk tidak pecah dan maksudnya kita tercapai. Ini adalah sebuah metode dakwah yang tidak menyakitkan orang lain.Identitas

Inyiak memberikan penjelasan dan kesempatan kepada masyarakat dan juga guru-guru serta pelajar Sumatera Thawalib, dalam menjawab pertanyaan disesuaikan dengan ilmu orang yang bertanya, Jika guru atau masyarakat yang diketahui berilmu dan sanggup membaca dan meneliti kitab kuning, maka beliau menyebutkan judul kitab yang dibaca. Jika yang bertanya adalah orang awam, maka beliau memberikan penjelasan sejelasnya. Bila yang bertanya pelajar, beliau menjawab dengan balik bertanya, bagaimana pendapat mu? Jika benar maka akan dibenarkan, bila salah akan diluruskan atau dibenarkan seperlunya. Semangat seperti ini yang harus ditiru para guru dan mubaligh dalam berdakwah.

Pesan beliau, sekolah jangan dimatikan, sebab kalau dimatikan membangkitkan lagi susah. Jadi sekolah ini tidak boleh mati. Berubah sesuai dengan kehendak zaman, tentu. Prinsipnya mengikuti zaman dengan tidak meninggalkan identitas parabek.

Ingin ditulis kisah hidupnya menjadi buku Biografi yang menarik dan inspiratif ?. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

0822-2123-5378

Kata terkait:

jasa penulis buku biografi, buku biografi, penulis biograf, biografi tokoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: