Biografi Ulama, Syekh Ibrahim Musa : Inspirator Kebangkitan (24)

By | 07/07/2019

Buya Mas’oed Abidin

Tokoh Dewan Dakwah Sumatera Barat

Tokoh Besar yang Tidak Dibesar-Besarkan

Inyiak Parabek adalah contoh nyata tentang  kepemimpinan yang arif dan bijaksana. Beliau adalah guru yang sangat dekat dengan murid-muridnya. Pagi-pagi sekali Inyiak sudah keluar rumah, berkeliling asrama pelajar, melewati rumah-rumah dan sawah. Jika berjalan memakai tongkat dan ujung tongkatnya sudah terdengar. Ini menjadi tanda khusus untuk para murid-muridnya. Hubungan santri dan guru sangat dekat.Tokoh Besar

Beliau adalah tokoh yang diakui besarnya, tidak seperti orang sekarang yang dibesar-besarkan, membesarkan-besarkan diri. Mulutnya manis, mengetahui intisari agama, dan pandai bergaul dengan masyarakat. Suaranya tidak keras, tetapi  menggambarkan kematangan dan halusnya bahasa. Kalimat-kalimatnya bernas.   Seluruh kalimatnya pelajaran adalah pelajaran. Kalau tidak ada rujukan tidak mau bicara. Hal ini diturunkan pada murid-muridnya sehingga pelajar kelas 6 saat itu sudah memiliki pemahaman yang matang. Beliau adalah guru yang berjalan, ucapan dan pemikirannya.

Kalau marah cukup dengan mata, bahasa Isyarat. Saat ini bahasa isyarat semakin hilang.  Orang-orang semakin tidak peka. Beliau adalah profil alim yang wara’,  makin berisi menunduk.  Setiap yang memiliki ilmu itu alim, dan setiap yang ingin menjadi alim harus memiliki akhlak yang mulia: menghormati guru. Inyiak Parabek  juga dikenal dengan sikapnya yang konsisten, Istiqamah untuk terus berjuang. Inyiak Parabek bagai suluh benderang di nagari, sangat mengerti adat dan ulama yang mengerti segala paham.  Beliau adalah pembelajar sejati, tidak ada hari tanpa buku, sangat gemar membaca.

Kebangkitan Sumatera Thawalib adalah kebangkitan nilai-nilai yang pernah diteladankan Inyiak Parabek : ketaaatan, keteguhan, istiqomah,  alim, dan wara’. Sekaligus tanpa meninggalkan nilai-nilai kemanusiaan yang akrab, menjadi tempat bertanya, penuh senyum, spontan, bersih dan tidak menyukai budaya taklid.  Nilai-nilai inilah yang seharusnya terus dipertahankan dan diajarkan di Sumatera Thawalib Parabek.

Ingin ditulis kisah hidupnya menjadi buku Biografi yang menarik dan inspiratif ?. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

0822-2123-5378

Kata terkait:

jasa penulis buku biografi, buku biografi, penulis biograf, biografi tokoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.