Biografi Ulama, Syekh Ibrahim Musa : Inspirator Kebangkitan (26)

By | 28/12/2015

Buya Deswandi

Alumnus Sumatera Thawalib Parabek,

Wakil Pimpinan Sumatera Thawalib Parabek

Murabbi Sejati yang Tak Lepas dari Masyarakatnya

Inyiak Parabek telah menerapkan metode-metode modern dalam pendidikan. Beliau adalah supervisor yang ulung. Memberikan asistensi kepada para guru, sehingga murid dan guru sama-sama terbantu.  Sekaligus menjadi guru pamong  yang dirindukan.  Beliau juga seorang murabbi, pendidik sejati yang sangat berempati kepada para muridnya. Totalitas sebagai guru telah menjadi berita yang tidak hanya bersumber dari satu orang, sudah mutawattir. Murid beliau selalu bicara begitu. Waktu sakitpun beliau hadir di sekolah. Ini yang kita pertahankan dan terapkan pada guru-guru kita hingga saat ini. Sakit apapun asal masih bisa bangun, biasanya guru-guru kita masih tetap masuk. Ini semangatnya.

Masyarakat

Inyiak Parabek juga tidak pernah lepas dari masyarakatnya. Demikian sebaliknya, dukungan masyarakat luar biasa besar. Kampus parabek ini sangat besar, tidak ada batasnya. Rumah-rumah masyarakat  adalah bagian dari kampus. Campus in community, community in campus. Masyarakat terlibat dalam proses pendidikan ini. Masyarakat juga merasakan dampak pendidikan.  Ke depan, yang menjadi agenda penting madrasah ini adalah membangkitkan kembali fungsinya sebagai agen perubahan, agent of change bagi masyarakatnya. Masyarakat menjadikan pesantren sebagai rujukan utama. Pesantren tidak hanya mengurus anak dari umur 12-18, tapi juga perkembangan ummat. Itu dulu yang dilakukan Inyiak Parabek.

Membangkik Batang Tarandam menjadi konsep untuk bangun dari keterlenaan karena  bergantung pada kejayaan masa lalu. Mengotimalkan peran guru sebagai pendidik sejati, seperti yang telah dicontohkan Inyiak Parabek, adalah kunci dari kebangkitan itu.

Ingin ditulis kisah hidupnya menjadi buku Biografi yang menarik dan inspiratif ?. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

0822-2123-5378

Kata terkait:

jasa penulis buku biografi, buku biografi, penulis biograf, biografi tokoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *