Biografi Ulama, Syekh Ibrahim Musa : Inspirator Kebangkitan (27)

By | 10/07/2019

Ir Susi Zaharawati Moeis,MT

Cucu Syekh Ibrahim Musa,

Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Syekh Ibrahim Musa

Bangkit dengan Semangat Keberkahan Hidup

Sebagai cucu Inyiak Parabek yang tidak punya latar belakang pendidikan pesantren, sebenarnya saya merasa belum bisa memberikan apa-apa untuk madrasah ini.  Waktu kecil, saya suka datang ke pesantren, menjemput ayah saya yang jadi guru dan kepala sekolah di sini. Saat itu ketika melihat sekolah, melihat makam Inyiak, ada spirit, ada sesuatu yang terkesan. Ada semacam mimpi untuk melakukan sesuatu untuk sekolah ini. Awalnya memang Cuma cuma lihat-lihat saja, lantas sering diskusi, apa yang bisa dikerjakan,  hingga akhirnya bergabung dengan Yayasan pada  Maret 2009. Rasanya saya boleh mengaku sebagai cucu Inyiak  Parabek kalau ada sesuatu yang bisa diberikan.Bunga putih

Madrasah ini nilainya sangat berharga. Sempat melahirkan orang-orang besar, tapi  itu hanya bernostalgia. Saya justeru merasa prihatin, kalau diperhatikan di masyarakat kenapa alumni Parabek  justeru tidak menampakkan ciri khas Parabek. Saya merasa ada yang salah di dalam. Ini yang harus dikembalikan. Saya yakin, sebenarnya mereka sudah punya kunci surga, punya ilmu yang bermanfaat. Tidak mungkin kondisi itu seperti itu  kalau guru-gurunya benar, proses nya benar. Pesantren ini harus dibangkitkan sebagai bagian dari kebangkitan umat. Kami tidak ingin ilmu yang diajarkan di sini hanya sekedar ilmu, tidak mengubah pola pikir dan pola sikap. Jika pendidikan tidak mengubah pola pikir, semangat jihadnya kurang, pasti menimbulkan pertanyaan : apa sih yang sebenarnya terjadi?  Jangankan berjuang untuk orang lain, berjuang untuk dirinya sendiri saja susah, bisanya hanya menyalahkan saling menuding.  Profil lulusan seperti ini yang tidak kita kehendaksi. Untuk itu proses pendidikan di dalam yang harus terus dibenahi.

Kami ingin menanamkan konsep keberkahan hidup, seperti yang menjadi spirit Inyiak Parabek, dalam pendidikan di pesantren ini. Allah berjanji jika kita membereskan urusan agama Allah, maka Allah akan membereskan urusan kita. Untuk itu kita berusaha untuk mengembalikan ruhiyah dan mind set seluruh orang yang terlibat dalam pesantren ini. Bagaimana selalu ikhlas dalam bekerja, sebagai bagian dari penguasaan ilmu. Bukan ilmu namanya, kalau tidak sampai ke hati. Pelatihan-pelatihan guru yang membangkitkan motivasi kita giat. Misalnya dengan tema ikhlas, hal-hal mendasar yang mereka sebenarnya paham. Membangkitkan lagi visi keguruan. Apa tujuan mereka datang ke sini?  Apa maknanya buat hidup mereka? Seberapa yakin bahwa Allah membantu mereka? Kami tidak ingin membiarkan kondisi dunia materialis ini menguasai Parabek. Saya misalnya, meyakini kenaikan gaji itu hanya akan memuaskan hati seseorang tidak lebih dari 3 bulan, setelah itu dia akan kembali. Saya lebih meyakini yang perlu diubah adalah rasa ikhlasnya, semangat jihadnya. Bukan berarti masalah gaji tidak penting. Itu kewajiban kami di Yayasan untuk memikirkan peningkatan kesejahteraan. Kami berusaha untuk  mengenali, mendengar dan membuka kontak hati dengan setiap guru, seperti yang dilakukan Inyiak Parabek. Kalau kini dengan memanfaatkan teknologi, misalnya dengan mengirimkan sms yang berisi kalimat-kalimat motivasi pada tiap guru, sekedar mengingatkan shalat tahajjud, atau mengajak puasa Senin-Kamis. “Butuh satu menit untuk membenci seseorang, butuh 1 jam untuk menyakiti seseorang, butuh 1 hari untuk menyayangi seseorang, tapi butuh seumur hidup untuk mencari seorang teman sejati,”. Saya percaya itu. Untuk itu kami ingin menjadi sahabat sejati untuk berjuang di jalan Allah Ta’ala melalui pesantren ini.

Kami punya visi untuk menjadi sekolah dengan skala nasional bahkan internasional. Saat ini memang baru bicara di tingkat  Sumatera. 3 tahun ke depan kita ingin melangkah ke tingkat nasional dengan memanggil siswa-siswa terbaik dari masing-masing provinsi. Kita ingin mengembalikan kebesaran Parabek sebagai sekolah agama yang membawa kesejukan, memberikan makna pada keliling.

Ingin ditulis kisah hidupnya menjadi buku Biografi yang menarik dan inspiratif ?. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

0822-2123-5378

Kata terkait:

jasa penulis buku biografi, buku biografi, penulis biograf, biografi tokoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.