Dr.Subhan Afifi Penulis Buku Biografi, “Menulis untuk Kehidupan yang Abadi”

By | 13/12/2015

Tak banyak penulis di Indonesia yang menekuni penulisan buku-buku biografi. Salah satu penulis yang terpanggil merajut kisah hidup tokoh menjadi karya yang indah untuk dinikmati adalah Dr.Subhan Afifi.

Penulis ini lahir di Sumbawa Besar, 28 September 1974. Menekuni dunia jurnalistik sejak menjadi mahasiswa di Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Diponegoro. Gelar magister diperolehnya dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia Jakarta, sedangkan gelar Doktor  (PhD) diraihnya dari Department of Media Studies, Faculty of Arts and Social Sciences, University of Malaya, Malaysia.

Sehari-hari ia menjadi Dosen dan Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Selain mengajar, ia aktif menulis buku-buku biografi dan profil lembaga.

Buku-buku Biografi yang pernah ditulisnya adalah : “Syekh Ibrahim Musa : Inspirator Kebangkitan” , “Novizar Zen : Jejak Cinta Menggapai Kebahagiaan Sejati”, “As-Shofa : The School for the Future Winners”,  “Sukamta : dari Buruh Pabrik ke Doktor Mesin”, “I Gede Sudiatmaja, SH : Bergegas di Jalan Tugas, Biografi Seorang Jaksa” dan “Drs H Makmur HAPK, MM : Membangun Bersama Rakyat, Biografi Bupati Berau Periode 2005-2010 & 2010-2105”

Buku-buku Biografi yang pernah ditulisnya Dr. Subhan Afifi

Buku-Buku Biografi Karya Subhan Afifi

“Menulis buku biografi hakikatnya adalah upaya untuk menghargai kehidupan itu sendiri” ujar suami dari dr Nurlaili Muzayyanah, M.Sc, SPA dan ayah dari Azzam Abdussalam, Zulfa Athifah, Nuha Qonitah, dan Aufa Abdurrahman ini.

“Setiap orang punya kisah hidup yang unik, sayang jika terlewat begitu saja,” tambahnya.

“Kisah hidup yang terdokumentasi dalam Buku Biografi akan menjadi inspirasi untuk siapa saja. Anak cucu, keluarga, sahabat, bahkan masyarakat luas,” kata Afifi. Selain menulis Buku Biografi, ia juga mengelola “Indonesian Journal of Communication Studies” dan  majalah pendidikan anak “Fahma”.

“Menulis untuk kehidupan yang abadi,” adalah spirit yang memotivasinya. Tulisan bisa jadi salah satu bentuk karya yang diharapkan memberi manfaat, tidak hanya ketika kehidupan masih berlangsung, bahkan yang terpenting adalah untuk perjalanan setelahnya.

Ia bisa ditemui untuk berdiskusi mengenai penulisan biografi di www.penulisbukubiografi.com, twitter @subhanafifi atau melalui email : subhanafifi@yahoo.com, dan HP 081328351800.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.