Ide Menulis Buku Biografi dari Siapa ? Pengalaman dari Buku Biografi Kajati DIY

By | 03/06/2019

Ide Menulis Buku Biografi dari Siapa ? Pengalaman dari Buku Biografi Kajati DIY

Di suatu sore yang sejuk di Jogja, handphone penulisbukubiografi.com berdering. Seorang anak muda dengan suara empuk dan terkesan sopan, menyapa “Maaf..ini dengan Pak Subhan Afifi, yang penulis buku biografi itu ya?,” ujarnya. Rupanya ia googling tentang penulis buku biografi di internet, dan menemukan informasi yang ia butuhkan di www.penulisbukubiografi.com.

I Nyoman Triatmaja Putra, nama anak muda itu. Ia punya niat mulia, menulis kisah hidup ayahnya, I Gede Sudiatmaja, SH, nama yang kemudian menjadi tokoh utama dalam buku ini. “Ayah saya sering cerita ke kami anak-anaknya, tentang perjuangan hidupnya. Dari masa susah hingga kini. Sayang jika kemudian terlewat begitu saja. Lebih baik didokumentasikan dalam sebuah buku biografi, bisa jadi inspirasi bagi siapa saja.” Begitu kira-kira motivasi Nyoman ingin mempersembahkan kenang-kenangan untuk sang ayah yang akan segera purna tugas sebagai seorang jaksa.

Bapak I Gede Sudiatmaja, SH dan DR. Subhan Afifi MSi Sesaat Setelah Peluncuruan Buku Biografi

Bapak I Gede Sudiatmaja, SH dan DR. Subhan Afifi MSi Sesaat Setelah Peluncuruan Buku Biografi

Pertemuan awal pun disepakati. Subhan Afifi dari penulisbukubiografi.com lantas bertandang ke rumah Dinas Kepala Kejaksaan Tinggi DIY (Kajati), Jalan Sukonandi No.4 Yogyakarta. Di sana, Nyoman Triatmaja, yang sehari-hari menjalankan bisnis di Bandung, telah siap menyambut bersama sang ayah, I Gede Sudiatmaja.

Pertemuan berlangsung akrab. Pak Gede yang senang bercerita tampak antusias menyambut ide anaknya untuk menulis kisah tentang hidupnya. “Rencana ini memang ide anak saya, Nyoman. Ia ingin pengalaman hidup saya ditulis. Mumpung saya masih sehat, dan masih ingat detail perjalanan hidup itu,” katanya tersenyum lebar.

Subhan Afifi kemudian menjelaskan tahapan proses penulisan buku biografi, mulai dari kesepakatan dalam bentuk format buku yang akan ditulis, waktu pengerjaan hingga biaya yang diperlukan. Termasuk teknis wawancara yang akan dilakukan dan narasumber siapa saja yang perlu diwawancarai. Kesepakatanpun dicapai. Pak Gede mempercayakan penulisan buku biografi kepada Subhan Afifi dan tim penulisbukubiografi.com. Proses penulisan buku biografi ini dimulai 31 Maret 2015 dan ditargetkan launching tanggal 12 Agustus 2015, bertepatan dengan purna tugasnya Pak Gede sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi DIY.

Ide menulis buku biografi bisa datang dari siapa saja. Ide personal sang tokoh untuk menuliskan jejak hidupnya sangat dimungkinkan. Tetapi ide dari orang-orang tersayang di sekitarnya, semisal, anak, isteri, atau anggota keluarga dekat yang lain, lebih memungkinkan lagi. Bisa juga dari seorang sahabat, atau anggota masyarakat biasa yang melihat ada inspirasi yang bisa disebarluaskan dari kisah hidup seseorang.

Biasanya orang lain akan memiliki penilaian tersendiri yang mendalam tentang seseorang, melebihi penilaian sang tokoh tentang dirinya. “Ah, tak ada yang istimewa dalam cerita hidupku,” begitu biasanya seseorang menilai dirinya sehingga merasa tak perlu dikisahkan dalam sebuah buku biografi. Justeru orang lain yang melihat bahwa kisah hidupnya luar biasa, sarat inspirasi dan motivasi.

I Nyoman Triatmaja Putra, seorang anak muda gaul, telah membuktikannya. Baginya, kisah hidup sang ayah yang sangat dihormati dan dicintainya, sangat layak dan bermanfaat bagi banyak orang jika dituliskan dalam sebuah buku biografi. (**)

Ingin ditulis kisah hidupnya menjadi buku Biografi yang menarik dan inspiratif ?. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

0822-2123-5378

kata terkait:

biografi penulis buku terkenal, contoh biografi penulis buku, pengertian buku biografi, buku biografi tokoh dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.