Kiat Menulis Buku Biografi : 3 Pertanyaan Kunci

By | 02/10/2018

Menulis buku biografi itu mudah dan mengasyikkan. Kisah hidup seorang tokoh yang ditulis dapat dirajut menjadi cerita yang enak untuk dinikmati, sekaligus memberi insiprasi. Ketika mengumpulkan berbagai data untuk menulis buku biografi, setidaknya terdapat 3 pertanyaan kunci yang bisa dikembangkan menjadi sekian banyak pertanyaan untuk mengupas tuntas kisah hidup seseorang.Kiat Menulis Buku Biografi, 3 Pertanyaan Kunci

Pertama, biodata apa yang menarik dan relevan untuk dikisahkan dari kisah hidupnya ? Catat dan telusuri sedetail mungkin data personal, maupun data orang-orang yang terkait dengannya. Mulai dari deretan tanggal-tanggal penting dalam kehidupan, nama-nama terkait, ukuran-ukuran, jumlah-jumlah, kesukaan, hobi, apa yang tidak disukai,  hingga data apapun yang sepertinya tidak penting, tapi bisa menjadi bumbu cerita yang bikin sedap. Tentu tetap harus berdasarkan fakta, bukan fiksi.

Kedua, pengalaman penting apa yang menginsprasi dari setiap jejak hidupnya ? Eksplorasi pengalaman sang tokoh dalam setiap episode kehidupannya. Pengalaman menarik apa yang bisa digali  ketika masa kecil, masa sekolah, masa kuliah, kerja pertama, meniti karir, puncak sukses, jelang pensiun, hingga jelang akhir hayat. Pengalaman-pengalaman ini adalah bagian penting dari kisah hidup yang utuh.

Ketiga, bagaimana ide atau pendapat sang tokoh tentang suatu persoalan ? ide, pendapat atau opini akan menunjukkan siapa sebenarnya sosok sang tokoh. Ide-idenya dalam menghadapi suatu persoalan, solusi apa yang ditawarkan, apakah ada yang unik dan luar biasa dari ide itu. Termasuk idenya tentang masa depan. Jika sang tokoh telah wafat, bisa dieksplorasi ide apa yang kemudian tetap mewujud dan lestari.

Tiga pertanyaan kunci itu akan menjadi panduan untuk mengembangkan pertanyaan-pertanyaan berikutnya untuk sang tokoh yang sedang kita tulis buku biografinya. Tiga pertanyaan itu juga yang mewarnai setiap pembabakan kehidupan sang tokoh, mulai dari masa kecil, masa sekolah, masa kuliah, masa bekerja, meniti karir, di puncak karir dan seterusnya.

Sebelum mulai mengumpulkan data, mari membuat daftar pertanyaan sebanyak-banyak sebagai turunan dari 3 pertanyaan kunci. Pertanyaan bisa disusun dari riset awal tentang sang tokoh yang bisa dilakukan sebelum memulai pengumpulan data, baik secara on line, studi pustaka, atau dari keterangan awal dari kalangan terdekat yang mengenal sang tokoh.

Ingin ditulis kisah hidupnya menjadi buku Biografi yang menarik dan inspiratif ?. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

0822-2123-5378

 Kata terkait:

jasa penulis buku biografi, buku biografi, penulis biograf, biografi tokoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.