Kiat Menulis Buku Biografi

By | 19/10/2015

Kini Buku Biografi adalah salah satu jenis buku biografi yang banyak dinikmati khalayak. Buktinya, deretan buku-buku best seller yang memenuhi rak utama toko buku terkenal tak jarang diisi oleh buku-buku biografi.

Buku Biografi sejatinya adalah buku yang berkisah tentang dan kehidupan seseorang. Tentu buku ini bukan sekedar deretan daftar tanggal lahir, tanggal wafat, atau pernak-pernik data yang kering. Buku Biografi berkisah tentang anak manusia dengan segala dimensinya. Perasaan, emosi, konteks yang melingkupi sebuah kejadian dari hidup seseorang penting juga untuk turut dikisahkan.

Kiat Menulis Buku Biografi

Kiat Menulis Buku Biografi

Buku biografi berkisah secara lengkap tentang kehidupan seorang tokoh sejak kecil, remaja, dewasa, tua, bahkan hingga meninggal dunia. Jika sang tokoh masih aktif berkarya dan mengukir kisah hidupnya, maka pandangannya tentang masa depan penting untuk ditelisik dan diungkapkan.

Menulis Buku Biografi yang berkualitas dimulai dengan menyelami kehidupan sang tokoh. Wawancara mendalam dan observasi berpartisipasi merupakan senjata utama seorang penulis buku biografi untuk “masuk” dalam kehidupan sang tokoh. Serangkaian wawancara dan ikut serta dalam berbagai kegiatan sang tokoh, akan menghadirkan berbagai kisah yang terserak dan siap untuk dirajut. Wawancara juga dilakukan kepada para sahabatnya, keluarga, bahkan jika memungkinkan dengan musuhnya.

Selanjutnya aneka dokumen yang diperlukan dapat dikumpulkan untuk memberi tambahan penguat pada kisah hidup sang tokoh. Slip gaji pertama, catatan hutang, guntingan berita media massa, catatan harian, album foto, atau dokumen apapun yang menarik, bisa dikumpulkan. Termasuk melakukan pencarian dokumen dan berbagai cerita yang pernah ditulis orang mengenai sang tokoh.

Untuk mengumpulkan data, melalui wawancara, observasi berpartisipasi hingga penelusuran dokumen, mungkin memerlukan waktu berbulan-bulan. Tapi, proses ini bisa dinikmati sebagai sebuah rekreasi menyegarkan karena penulis buku biografi akan berjumpa dengan banyak orang baru, tempat baru dan kisah baru.

Setelah semuanya lengkap, baru rajutan kisah mulai dikisahkan. Proses transkrip wawancara kadang juga memakan waktu cukup lama. Bantuan seorang profesional untuk mentranskrip hasil wawancara akan sangat berharga.

Maka mulailah menulis..Berkisahlah dengan bebas. Menulis dengan sepenuh hati untuk sang tokoh yang telah mempercayakan kisah hidupnya pada Anda !

Ingin ditulis kisah hidupnya menjadi buku Biografi yang menarik dan inspiratif ?. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

0822-2123-5378

Kata terkait:
menulis biografi diri sendiri, arti dari biografi, menulis biografi, penulis biografi, kiat menulis biografi, cara menulis buku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *