Mengapa Penulisan Buku Biografi Penting untuk Tokoh Publik ?

By | 11/11/2018

Mengapa Penulisan Buku Biografi Penting untuk Tokoh Publik ?

Penulisan buku biografi kembali marak akhir-akhir ini. Apalagi ketika momen politik penting seperti Pemilu legislatif dan Pemilu Presiden. Banyak tokoh publik menulis (atau dituliskan) perjalanan hidupnya dalam sebuah buku biografi. Biografi Mahfud MD, Rhoma Irama, Hidayat Nur Wahid, Anis Matta, Prabowo, Joko Widodo (Jokowi), dan masih banyak lagi beredar dalam berbagai versi.

penulisanTidak jarang, terbitnya sebuah buku biografi juga memunculkan kontroversi. Biografi Moerdiono Untold Story versi Poppy Dharsono memunculkan gugatan dari pihak keluarga mantan Mensesneg Orde Baru itu. Sebenarnya apa manfaat penting biografi bagi seorang tokoh publik ?

Biografi menurut Abrar (2010) setidaknya memiliki 4 makna, yaitu : (1) kisah perjalanan hidup, (2) sejarah anak manusia, (3) dokumentasi gagasan dan kekayaan intelektual, dan (4) wahana melancong ke masa lalu. Bila dicermati, keempat makna tersebut memberi manfaat besar bagi seorang tokoh.

Perjalanan hidup yang menarik, penting dan berwarna dalam konteks sosial tertentu dari sang tokoh, tentu akan sayang jika terbuang begitu saja dimakan waktu. Dokumentasi dalam bentuk buku biografi akan membuatnya lebih “abadi”. Kisah hidup seorang tokoh tidak jarang menjadi sejarah itu sendiri.

Buku biografi juga menyediakan wahana untuk dokumentasi ide dan pemikiran yang cemerlang dari sang tokoh, terkait dengan berbagai persoalan dalam masyarakat. Selain itu, biografi menjadi wahana refleksi sang tokoh dan para pembacanya untuk melancong ke masa lalu, sebagai bekal untuk menuju masa depan.

Ingin ditulis kisah hidupnya menjadi buku Biografi yang menarik dan inspiratif ?. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

0822-2123-5378

Kata terkait:

contoh biografi penulis, penulis biografi, penulis buku biografi, buku biografi, buku biografi tokoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.