Penulisan Buku Biografi Penting untuk Komunikasi Politik

By | 08/11/2018

Penulisan Buku Biografi Penting untuk Komunikasi Politik

Fenomena maraknya penulisan buku biografi tokoh publik membawa dampak positif bagi komunikasi politik dan pencitraan sang tokoh. Melalui biografi, perjalanan hidup seorang tokoh dapat dibeberkan secara terbuka kepada publik. Visi-misi dan prinsip hidupnya dapat diketahui, sehingga publik akan semakin dekat dengan sang tokoh.

politikDemikian diungkapkan Dr.Subhan Afifi, M.Si, dosen dosen Program Studi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta menanggapi banyaknya tokoh publik yang menulis (atau dituliskan) kisah hidupnya. “Biografi juga menjadi semacam pertanggungjawaban publik seorang tokoh tentang track record-nya selama ini,” kata Subhan Afifi, yang juga seorang penulis biografi. Ia mencontohkan ketika terbit buku biografi para calon legislatif atau calon presiden yang bertarung pada Pemilu 2014. Publik tertarik dan ingin mengetahui lebih jauh kehidupan tokoh yang sebelumnya hanya diketahui melalui pemberitaan media. “Apalagi terbitnya berdekatan dengan momen Pemilu, jelas buku itu memberi dampak langsung bagi pencitraan sang kandidat” kata Afifi yang sudah menulis 4 buku biografi dan profil lembaga, yaitu : Syekh Ibrahim Musa : Inspirator Kebangkitan, Novizar Zen : Jejak Cinta Menggapai Kebahagiaan Sejati, As-Shofa : the School for the Future Winners, dan Sukamta : dari Buruh Pabrik ke Doktor Mesin.

Buku biografi menjadi media komunikasi politik yang sangat efektif bagi seorang tokoh mendekatkan diri kepada publik. Masyarakat sudah jenuh dengan media komunikasi konvensional yang sering digunakan untuk menyapa publik, seperti iklan, spanduk, baliho, poster, atapun brosur. Buku biografi lebih kredibel dan dipercaya masyarakat, terutama kalangan terpelajar, karena mengungkap sisi kehidupan sang tokoh secara lengkap, dari A sampai Z. Lebih penting lagi, kisah hidup sang tokoh yang penuh dengan liku-liku perjuangan, bisa memberi inspirasi bagi banyak orang.

Menurut Subhan Afifi, biografi yang berkualitas selain berisi kisah perjalanan hidup yang menarik, berwarna dan bernilai dari seorang tokoh, juga memuat pemikiran, ide, gagasan, hingga aksi sang tokoh terkait dengan suatu masalah dalam masyarakat. “Khalayak akan menghargai pemikiran dan kekayaan intelektual tokoh tersebut,” kata Subhan Afifi. Selain itu, biografi merupakan bagian dari dinamika sejarah, kisah sang tokoh bisa menjadi sejarah itu sendiri. “Biografi tidak sekedar berkisah tentang masa lampau, tetapi juga memberi arah dan perencanaan tentang apa yang akan diperbuat oleh sang tokoh di masa mendatang. Khalayak tentu menunggu langkah-langkah berikutnya yang memberi manfaat bagi masyarakat,” pungkas Subhan Afifi.

Ingin ditulis kisah hidupnya menjadi buku Biografi yang menarik dan inspiratif ?. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

0822-2123-5378

Kata terkait:

contoh biografi penulis, penulis biografi, penulis buku biografi, buku biografi, buku biografi tokoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.