Proses Penulisan Buku Biografi Kajati DIY, I Gede Sudiatmaja, SH

By | 28/07/2015

Proses Penulisan Buku Biografi Kajati DIY, I Gede Sudiatmaja, SH

Setelah kesepakatan penulisan buku biografi Kepala Kejaksaan Tinggi DIY antara keluarga I Gede Sudiatmaja SH dan Subhan Afifi dari penulisbukubiografi.com dicapai, maka dimulailah proses merajut kisah hidup yang unik itu.

Buku itu ditulis langsung oleh Subhan Afifi dibantu oleh anggota tim yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing. Ada Senja Yustitia yang membantu dalam wawancara dan pengumpulan data, sekaligus bertindak sebagai editor. Ada juga Budi “Cc-Line” Yuwono yang bertugas menangani disain grafis untuk cover dan layout. Tuswan Thorif, Galih Setiawan, dan Nunung Setyawan membantu mengelola berbagai pernak-pernik penulisan biografi dari urusan pra cetak, cetak, hingga distribusi.

Wawancara pertama dilakukan hari Selasa, 31 Maret 2015 di Rumah Dinas Kepala Kejaksaan Tinggi DIY, Jalan Sukonandi No.4 Yogyakarta. Ketika wawancara itu dimulai hingga bulan Agustus 2015, Pak Gede masih menjabat sebagai Kajati DIY. Di bulan Agustus 2015 beliau memungkasi jabatan strukturalnya di korps Adhiaksa sebagai seorang jaksa yang merintis karir dari bawah.

Buku Biografi I Gede Sudiatmaja SH - Bergegas di Jalan Tugas

Buku Biografi I Gede Sudiatmaja SH – Bergegas di Jalan Tugas

Serangkaian wawancara, pengumpulan dokumen, hunting foto, kami lakukan dengan sepenuh hati. Termasuk mewawancarai isteri (Ibu Ni Made Sutarmi), anak-anak (I Gede Eka Setiajaya, I Kadek Dwi Ariatmaja, I Nyoman Triatmaja), paman (Bapak Gede Arsa), mantan atasan (Slamet Wahyudi, SH), dan Wakil Kajati DIY (Sampe Tuah, SH) sebagai kolega. Dari berbagai wawancara itulah, kisah hidup Pak Gede yang terserak sejak masa kecil hingga saat ini coba dirangkai.

Satu hal yang membuat kami bersemangat menelisik mozaik kehidupan beliau, dan merangkainya menjadi kisah yang enak dibaca adalah pelajaran luar biasa dari sang jaksa tentang totalitas dalam bekerja, sungguh-sungguh, bergegas, tak ingin menunda pekerjaan.

Proses berlanjut hingga proses penulisan, editing, layout dan disain. Serangkaian proses itu melewati bulan Ramadhan 1436 H, hingga akhirnya draft buku biografi ini selesai pada bulan Juli 2015. Draft tersebut kemudian dibaca secara teliti oleh yang bersangkutan. Koreksi, dan tambahan diberikan, hingga muncullah draft revisi yang kemudian disetujui. Setelah Pak Gede memberikan persetujuan, proses percetakanpun dimulai. Percetakan Mucomm dipercaya untuk mencetak buku ini. Penerbitnya adalah Fahma Media, sekaligus yang mengurus ISBN nya di Perpustakaan Nasional Jakarta.

Alhamdulillah buku ini bisa dilaunching tepat saat Pak Gede menyelesaikan tugasnya sebagai Kajati DIY, 12 Agustus 2015, di Aula Kantor Kejaksaan Tinggi DIY. Buku “I Gede Sudiatmaja SH : Bergegas di Jalan Tugas”, adalah buku ke-5 yang ditulis oleh Subhan Afifi dan tim penulisbukubiografi.com. Sebelumnya, “Syekh Ibrahim Musa : Inspirator Kebangkitan”, “Novizar Zen : Jejak Cinta Menggapai Kebahagiaan Sejati”, “As-Shofa : The Future School for the Future Winner”, dan “Sukamta : dari Buruh Pabrik ke Doktor Mesin” pernah ditulis untuk mengapresiasi kisah hidup seseorang atau lembaga.

Ingin ditulis kisah hidupnya menjadi buku Biografi yang menarik dan inspiratif ?. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

0822-2123-5378

kata terkait:

biografi penulis buku terkenal, contoh biografi penulis buku, pengertian buku biografi, buku biografi tokoh dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *